Anggota PMR bekerja sama Poliklinik Pesantren IMMIM membuat Lavitrap

Mengurangi perkembangan nyamuk di lingkungan Pesantren IMMIM tidak cukup hanya dengan 3M, yakni menutup, menguras dan mengubur barang-barang yang berpotensi jadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

Namun ada yang lebih efektif yaitu menggunakan semprotan. Selain penggunaan semprotan salah satu penanggulangan lainnya yaitu membuat perangkap nyamuk lavitrap. Disini bagian bidang PMR dan Poliklinik Pesantren IMMIM bekerja sama untuk membuat alat tersebut. Alat ini cukup mudah dibuat dan bertujuan untuk membunuh bibit-bibit nyamuk berupa larva yang nantinya akan jadi nyamuk besar dan berisiko dalam penyebaran penyakit.

Metodenya, lavitrap dapat menarik perhatian nyamuk untuk bertelur di dalamnya. Kemudian telur akan berubah jadi jentik atau larva nyamuk dan terperangkap di dalamnya.

Meski tidak membunuh nyamuk dewasa, karena sudah banyak cara untuk membunuh nyamuk dewasa (dengan insektisida dan cara lainnya. Lavitrap lebih bertujuan untuk menekan perkembangbiakan nyamuk dengan memerangkap larva dan membunuhnya.

PMR bersama Poliklinik Pesantren IMMIM membuat Lavitrap

 

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *