Anak Muda dan Masa Depan

(Saya pernah) tertegun dlm suatu seminar, memperhatikan seorang tokoh yang mempresentasikan buah pemikirannya. Beliau adalah orang yg dikenal bijak, sepadan dengan badannya yang tinggi besar dan tentu saja rizkinya yg berkecukupan.

Menariknya, dlm presentasi itu beliau menampilkan foto pribadinya jaman masih anak muda dulu. Di luar dugaan, ternyata dulunya:

  • badan beliau kurus kerempeng
  • rambut tidak disisir, agak acak-acakan
  • penampilannya kucel, asal-asalan
  • dan tentu saja sebagaimana anak muda lainnya, beliau juga cengengesan.

Demikianlah kebanyakan orang besar saat ini, dulunya pun ternyata anak muda yang modelnya seperti itu. Mungkin tidak ada yang dapat memprediksi bahwa beliau akan jadi orang besar seperti saat ini. Maka bagi anak muda yang kondisinya seperti di atas, hendaknya tidak under-estimate kepada dirinya sendiri, apalagi sampai memastikan masa depannya tidak akan cerah.

Seorang anak muda meskipun dulu sering menerima penghinaan karena keadaan dan kebiasaannya, bisa jadi suatu saat akan menjadi orang besar yang justru menyantuni orang yang menghinanya itu.

Masa depan seseorang tdk ada yg tahu. Justru karena kita tidak tahu itu, maka perlu memohon kepada Allah SWT agar diberi panjang umur dan dijadikan orang yang bijaksana, bermanfaat dan luas rizkinya.

~ Disadur dari posting-an status medsos Pak Agus Zainal Arifin

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *