Pembukaan Musyawarah Besar Ke-7 Dewan Pengurus Pusat IMMIM, DiBuka Langsung Oleh Wakil Presiden Republik Indonesia M. Jusuf Kalla

MAKASSAR, iNews.id – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menghadiri pembukaan Musyawarah Besar (Mubes) ke-7 Pengurus Pusat Ikatan Masjid Mushollah Indonesia Mutthahidah (IMMIM) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (19/1/2019). Wapres berpesan agar IMMIM terus berkembang dengan baik serta mampu bersinergi dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

JK yang juga menjabat Ketua Dewan Pembina DPP IMMIM dan Ketua DMI hadir bersama istri Mufida Jusuf Kalla di Pondok Pesantren Modern Putra IMMIM di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar. Kedatangan JK disambut Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Dalam sambutannya, JK memotivasi para Pengurus Pusat IMMIM agar ke depan masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah, tetapi tempat untuk kemakmuran masyarakat. Karena itu, masjid harus mampu mendorong masyarakat untuk terjun ke dunia usaha.

“Masjid harus mendorong masyarakat untuk terjun ke dunia usaha. Rasulullah awalnya sebelum menikah menjadi pengusaha. Yang mendirikan IMMIM juga pengusaha. Kita kekurangan di situ, agar suasana kemasjidan baik kotbah di masjid, 60 persen keagamaan 40 persen keduniaan,” kata JK.

Wakil Presiden RI, M. Jusuf Kalla membuka secara resmi Musyawarah Besar ke-7 DPP IMMIM

Dalam kesempatan itu, JK juga bernostalgia semasa menjadi pengurus IMMIM. JK merupakan pengurus pertama IMMIM pada tahun 1964 sebagai sekertaris umum, mendampingi ketua yang saat itu dijabat Fadeli Lurang. Kala itu, organisasi ini didirikan untuk penangkal paham komunisme.

“Bagi saya sendiri, IMMIM mempunyai suatu hubungan seperti dijelaskan tadi, hubungan emosional. Karena saya sempat menjadi pengurus untuk berapa tahun dan hampir semua sertifikat masjid pada waktu itu saya tanda tangani,” ujar JK.

Selain itu, JK juga mengingatkan pengurus IMMIM untuk memperhatikan pengelolaan pesantren. Diketahui, IMMIM kini mengelola tiga pesantren, yakni Pesantren IMMIM Putra Makassar, Pesantren IMMIM Putra Moncongloe Maros dan Pesantren IMMIM Putri Pangkep.

“Bagaimana kita ke depan, kita bersyukur bahwa di sini di samping IMMI memperluas pendidikan dan juga tetap ada masjidnya karena sebagi sentral dari semua kegiatan,” kata JK.

Dia juga menyampaikan selamat kepada para pengurus yang akan melaksanakan Mubes IMMIM. Dia berharap mubes melahirkan pemimpin yang baik. “Tentu harapannya memilih pimpinan-pimpinan yang memang mempunyai kesempatan dan kemampuan untuk membina ini (IMMIM),” tutur JK.

Sementara Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dalam laporannya mengatakan, selama ini IMMIM telah banyak memberikan kontribusi di Provinsi Sulsel di segala bidang. Salah satunya dalam pembangunan pembangunan sumber daya manusia.

“Ini sejalan dengan arah kebijakan yang tertuang dalam Nawa Cita pemerintah,” kata Nurdin.

sumber: (iNews.id)

 

Bapak Ketua YASDIC IMMIM, DPP IMMIM serta Walikota Makassar dalam menyambut kedatangan Bapak Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla

Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla beserta Istri dan Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Nurdin berserta Istri, serta Ketua DPP IMMIM Prof Ahmad M Sewang dalam acara pembukaan Musyawarah Besar ke-7 DPP IMMIM

 

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *