Semarak Festival Hari Santri Nasional (HSN)

Pondok Pesantren IMMIM bersama dengan Walikota Makassar dan Kementrian Agama Sulsel mengadakan perlombaan untuk memperingati Hari Santri Nasional. Diikuti oleh 19 pesantren putra putri yang ada di Sulawesi Selatan, serangkaian kegiatan ini dilaksanakan tanggal 19-21 Oktober 2016. Pembukaan Lomba Festival Hari Santri Nasional di Pondok Pesantren IMMIM Putra Makassar tanggal 19 Oktober kemarin berlangsung ramai dan lancar .

Acara pembukaan  yang berlangsung selama 90 menit ini diramaikan oleh Marching Band Pesantren IMMIM Putra (yang nantinya juga akan tampil pada acara puncak atau penutupan di Pantai Losari tanggal 23 Oktober 2016), serta pengibaran bendera oleh tim Paskibraka Pesantren IMMIM Putra dari Kelas X. Amanat tentang Hari Santri Nasional disampaikan langsung oleh Ketua Umum YASDIC IMMIM, Bapak Ir. Ridwan Abdullah M.Sc. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan latar belakang diperingatinya hari santri dan apa sebenarnya esensi hari santri bagi komunitas santri dan pesantren.

Siang hari setelah istirahat dan shalat Dhuhur, rangkaian acara langsung dimulai. Tim futsal IMMIM A berhadapan dengan tim Pesantren Pondok Madinah. Pertandingan sengit ini alhasil dimenangkan oleh tim Futsal IMMIM A dengan skor 3-1. Adapun di cabang lain, serta tim basket IMMIM Putra IMBC ditandingkan melawan Pondok Darul Aman. Pertandingan ini dikuasasi IMBC dan berakhir dengan skor 50-6 untuk kemenangan IMBC.

Rangkaian acara ini turut menjadi perhatian publik. Beberapa media seperti TVRI, Fajar, Tribun Timur, Rakyat Sulsel, dll turut bergabung meliput kemeriahan perayaan ini. Kemeriahan ini menunjukkan bahwa pesantren merupakan rumahnya santri-santri yang kaya kreativitas. “Dengan adanya perlombaan hari santri ini membuat para santri dapat berkreatif dan mengasah kemampuan diri juga dapat mengenal santri dan santriwati dari pondok lainnya” kata Yarta Ramdan, santri kelas XI Pesantren IMMIM yang juga merupakan salah satu anggota tim futsal Pesantren IMMIM Putra.

Galeri foto-foto pilihan Festival Hari Santri Nasional 2016 di Pesantren IMMIM Putra Makassar bisa diakses di Galeri Festival HSN 2016.

Ditulis oleh santri Nur Alim (Ponpes IMMIM Putra Makassar), diedit oleh KASPER.

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *