Wabah virus corona jenis baru penyebab Covid-19 masih menjadi keresahan dunia. Kasus Covid-19 telah ditemukan di ratusan negara di dunia, menginfeksi ratusan ribu orang. Belasan ribu meninggal dunia, dan puluhan ribu dinyatakan telah sembuh .Penyebaran virus corona telah menjadi perhatian selama hampir 4 bulan terakhir. Beragam istilah pun muncul. Ada yang sudah familiar dengan istilah-istilah yang ada, ada pula yang masih sangat awam. Penting untuk memahami istilah-istilah yang muncul terkait virus corona dan Covid-19, sehingga ada pemahaman yang benar.

  1. Virus Corona (Coronavirus) Coronavirus adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia.
  2. Covid-19  adalah singkatan dari Corona (CO), Virus (VI) Disease (D) dan tahun 2019 (19)
  3. ODP Orang dalam pantauan
  4. PDP Pasien dalam pengawasan
  5. OTG Orang tanpa gejala
  6. Suspect Diduga terkena virus karna sudah menunjukkan gejala dan pernah berkontak atau bertemu dengan orang yg positif corona.
  7. Positif Setelah melalui cek lab dan prosedur lain.
  8. Local Transmission Pasien tertular di wilayah di mana kasus ditemukan.
  9. Epidemi Penyebaran penyakit secara cepat dg jumlah terjangkit banyak dan tidak normal.
  10. Pandemi Penyebaran terjadi secara global.
  11. Klaster Sistem yang digunakan untuk mengkategorikan dari mana asal penyebaran virus itu terjadi.
  12. Lockdown Mengunci masuk keluar dari suatu wilayah/daerah/negara
  13. Social distancing Menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak antar manusia, menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang.
  14. Isolasi (untuk yang sakit) Mengendalikan penyebaran penyakit dengan membatasi perpindahan penyakit orang (mencegah perpindahan penyakit dari orang yg sakit).
  15. Karantina (untuk yang sehat) Mengendalikan penyebaran penyakit dg membatasi perpindahan orang (mencegah perpindahan penyakit ke orang yg sehat).
  16. Work From Home (WFH) Bekerja di rumah
  17. Hand sanitizer Merupakan cairan pembersih tangan yang tidak memerlukan air untuk membilasnya.
  18. Fasyankes (Fasilitas pelayanan kesehatan) Adalah suatu alat dan tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan.
  19. Hazmat suit merupakan alat pelindung diri (APD) yang kerap dipakai para petugas medis dan dokter yang merawat pasien. Umumnya mereka menggunakan pelengkap berupa kacamata atau sarung tangan. Pakaian ini dinilai dapat melindungi diri dari paparan virus apapun.
  20. Local Transmission adalah penularan Corona virus yang terjadi secara lokal atau di lokasi tempat pasein positif COVID-19 berada saat ini.
  21. Rapid test teknologi pengujian cepat (rapid test) untuk virus corona baru SARS-CoV-2 (COVID-19). Tes baru ini jauh lebih cepat dan tidak memerlukan instrumen yang rumit.
  22. Cairan disinfektan merupakan zat kimia yang digunakan untuk membersihkan dan membunuh kuman pada benda tak hidup.
  23.  PSBB Pembatasan sosial berskala besar

Penulis:
Muh Faiq Fauzan
Santri Kelas X MA IPS Pesantren IMMIM Putra Makassar