Belakangan ini, dunia dikepung makhluk kecil berwujud aneh. Dari hasil para peneliti didapatkan bahwa makhluk kecil dan juga aneh tersebut tidak dapat dilihat dengan kasat mata tapi haruslah menggunakan mikroskop. Bentuk makhluk kecil ini bak mahkota, dinamai  Covid 19 akronim dari Coronavirus disease 19. Namanya, keren bukan?

Fenomena covid 19 yang mendunia, membuat kelabakan puluhan negara. Indonesia termasuk di dalamnya. Ini sebuah petunjuk alam atau sabda alam. Sebut saja suara dari langit karena virus ini adalah penyakit dalam dunia kesehatan. Virus ini menjadi momok menakutkan bahkan bisa menjadi kutukan terhebat dari manusia itu sendiri. Cara berkambuflase virus dalam tubuh manusia, hewan tumbuhan atau mikroorganisme dengan menyerang sel tapi jangan khawatir covid 19 tidak akan lama jika berada di luar tubuh.

Penularan melalui kontak langsung dengan percikan dahak dari orang yang terinfeksi (melalui batuk dan bersin), dan jika menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus. Apa gejalanya? Gejala umum dapat berupa demam, batuk, sesak nafas. Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia atau kesulitan bernafas.  Gejalanya mirip bukan dengan flu ( Infulenza) atau pilek biasa.

Langkah-langkah pencegahan utamanya mudah sering cuci tangan, menutut mulut dengan hidung ketika batuk atau bersindengan bagian dalam siku atau dengan tissue, lalu buang kedalam tempat sampah, serta hindari kontak dengan siapapun yang menunjukkan gejala seperti demam atau flu.

Penulis:
Yenni Mulyani Saputri, S.Pd
Guru Bahasa Indonesia SMA Pesantren IMMIM Putra Makassar