Reaksi Indonesia Terhadap Virus Covid-19

2020-03-22 | Artikel Santri
gambar

COVID – 19 atau yang dikenal dengan CORONA merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan , virus ini masih memiliki hubungan dengan penyebab SARS . Sampai saat ini , belum diketahui penyebab dari virus ini , hanya diketahui bahwa virus ini disebarkan oleh hewan , seperti di Wuhan, China.

Virus ini telah menyebar ke mancanegara dimana terdapat 214.894 orang yang terinfeksi , 83.313 orang yang sembuh , serta 8.732 orang yang telah meninggal dunia . Salah satu negara yang penduduknya telah terinfeksi CORONA ialah Indonesia . Oleh karena itu, Presiden Indonesia , Bapak Joko Widodo membuat kebijakan – kebijakan demi mencegah penyebaran CORONA. Salah satunya ialah meliburkan sementara proses belajar mengajar di sekolah maupun universitas dan mengimbau mereka agar belajar di rumah.

"Kebijakan lainnya yaitu tentang ASN yang bisa bekerja dari rumah dengan menggunakan interaksi online dengan tetap mengutamakan pelayanan prima kepada masyarakat," ujar Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (15/3/2020).

Beliau juga meminta agar meningkatkan pengetesan infeksi virus ini dengan memanfaatkan rumah sakit daerah yang bekerja sama dengan swasta. "Saya minta kepada seluruh gubernur, bupati dan wali kota untuk terus memonitor kondisi daerahnya dan berkonsultasi dengan pakar medis dalam menelaah setiap situasi yang ada," ujar Presiden Jokowi. Beliau juga meminta untuk berkonsultasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sampai Sabtu sore, ada delapan pasien yang dinyatakan sembuh dari virus tersebut. Sementara pasien yang meninggal dunia sebanyak lima orang.

Penulis:
A. M. Riangga B. U. Santri Kelas IX
SMP Pesantren IMMIM Putra Makassar

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan