Informasi Tidak Dapat Dikonversi Menjadi Pengetahuan Tanpa Pendidikan

2020-04-06 | Artikel Pembina
gambar

Pendidikan adalah sarana yang dengannya seseorang dapat memiliki kehidupan yang bahagia dan sukses. Pendidikan membantu kita mengenali keterampilan dan bakat tersembunyi kita, yang dengannya kita dapat membangun karier, mendapatkan pekerjaan, dan memiliki masa depan yang aman. Dengan demikian, ini membantu kita untuk mencapai ketinggian baru dalam kehidupan. Mengapa pendidikan sangat penting? karena itu adalah bagian dari kehidupan kita. Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Tinggi sangat penting untuk kesuksesan dalam hidup. Pendidikan Tinggi penting untuk pengembangan pribadi, sosial dan ekonomi bangsa. Pendidikan penting untuk hidup dengan kebahagiaan dan kemakmuran.

Pendidikan membantu seseorang untuk mendapatkan pengetahuan dan meningkatkan tingkat kepercayaan diri sepanjang hidup. Pendidikan memainkan peran besar dalam pertumbuhan karier kita dan juga dalam pertumbuhan pribadi. Tidak ada batasan; orang-orang dari segala kelompok umur dapat memperoleh pendidikan kapan saja. Pendidikan membantu kita menentukan hal-hal baik dan buruk. Orang yang berpendidikan memiliki pendidikan yang baik menjadi warga negara yang baik di masyarakat. Kita semua ingin melihat anak-anak kita menuju kesuksesan yang hanya dimungkinkan melalui pendidikan yang baik dan layak. Setiap orang tua memberi tahu anak-anak mereka sejak kecil tentang pentingnya pendidikan dalam kehidupan dan semua manfaat pendidikan untuk membuat pikiran mereka menuju studi yang lebih baik di masa depan.

Tidak ada yang bisa dicapai dalam hidup jika kita tidak memiliki iman pada diri kita sendiri. Pendidikan memainkan peran yang sangat penting dalam menumbuhkan kepercayaan diri di dalam diri kita, sehingga kita dapat menjadi mandiri, berkomunikasi secara efisien dengan orang lain, dan mengatasi berbagai kesulitan yang menghalangi kita untuk mencapai tujuan kita. Seorang individu yang berpendidikan berusaha memahami segala sesuatu yang tidak mereka ketahui, bukannya mengikuti orang lain secara membabi buta. Mereka mempertanyakan integritas kesalahpahaman dan mencoba mencari alternatif logis untuk menjelaskan kebenaran di belakang mereka. Dengan demikian, pendidikan membantu seseorang untuk berpikir logis dan menolak fakta palsu.

Orang berdebat tentang masalah apakah pendidikan adalah satu-satunya hal yang memberi pengetahuan. Ada yang mengatakan pendidikan adalah proses mendapatkan informasi tentang dunia sekitarnya sementara pengetahuan adalah sesuatu yang sangat berbeda. Mereka benar. Tetapi sekali lagi, informasi tidak dapat dikonversi menjadi pengetahuan tanpa pendidikan. Pendidikan membuat kita mampu menafsirkan berbagai hal, antara lain. Ini bukan hanya tentang pelajaran di buku pelajaran. Ini tentang pelajaran kehidupan.

Penulis
Sarlin, S.Pd., M.Pd
Mahasiswa Program Doktor (S.3) UNM & Kepala SMA / MA Pesantren IMMIM Putra Makassar

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan